Rabu, 12 November 2014

Pengalaman si Nyeri Haid gak ketulungan

hai semua,,
ketemu lagi,,



Jadi ceritanya nih yah, pas kemaren (11 Nov 2014) paaas banget dengan hari kerja, dan paaas juga hari pertama dapet,, Subhanallaah sekali yah. Disini lagi mau masuk musim ujan loh, jadi tiap siang / sore / malem udah 2 hari ini ujan terus. Dan kebeneran juga kemaren pas pulang kerja, aku juga keujanan sama si adek (di pondok cabe deket simpang gaplek). Jadi rada meriang gitu nyampe rumah (soalnya jarak dari rumah ke kantor itu lumayan juga sih +- 25 km,  dan waktu tempuh +- 1jam plus macet hiks hiks). Dan hari ini juga hari first day (kebayang dong rasanya ^_^).

Kerja di ruangan AC juga kayaknya sedikit menambah ke-drop-an nih badan. Udah harus menahan sakit dari dalem akibat meriang dan sakit perut, juga harus kedinginan wkwkwwk,, gak kok becanda.

Ok lah, mari kita mulai (maaf yah bagi para cecowok yang nyasar baca inih, tpi setidaknya bisa bikin kalian sadar kalo bagi cewek tiap datang tamu itu gimana). Kalo berdasarkan pengalamanku, hari pertama dan kedua itu hari dimana puncak rasa sakit bagi para wanita. Yang dirasain pas dapet itu kurang lebih gini ya (kalo aku loh, tiap orang mungkin beda) :
1. Rahim serasa di ubek-ubek, kayak ada yg mlintir-mlintir
2. Seluruh sendi agak pegel / sakit (terutama sendi di kaki bagian atas)
3. Rasa mual atau kadang pengen muntah
4. Punggung agak sakit kl duduk lama-lama,
dll

dan kalian juga bisa baca salah satu contoh pengalaman orang lain yang lebih ekstrim bisa dibaca  DISINI nih,,

Hari pertama dan kedua itu juga kl berdasarkan pengalamanku hari paling "deres". Makanya, aku banyak-banyakin minum air putih di waktu hari ini. Semakin banyak minum, frekuensi buang air kecil juga ikutan sering. Jadi (maaf) darah bisa ikutan keluar seiring dengan kita buang air kecil, jadi bisa lebih cepet, bersih, dan nyaman. gakpapa deh bolak balik ke toilet, sekalian olahraga juga kan..hihih..

Naaah, hari ini nih, ntah kenapa aku ngerasa gimaanaa yah,, mgkin salah makan, bawaan keujanan dan kecapekan juga , aku gak tahan sama perut yang melilit. Jadi izin sama boss buat ke klinik bentar minta obat buat ngeredain atau setidaknya meringankan rasa sakit iniiih.
Pas diklinik aku cm bilang ada obat sakit perut gak, soalnya perawatnya cowok bok, malu dong mau bilang jujur wkwkw.. eh ternyata dia langsung ngeh pas aku bilang gitu, dan dikasihnya obat ini SPASMINAL. Dia bilang makan nih obat abis makan (atau setidaknya abis makan ringan apa aja kayak snack gitu). Dan cukup dimakan pas sakit aja dan cuma boleh 2x sehari. Nih obat yang dikasih oleh beliau.

Nih penampakan obat yang dikasih 

aku cuma dikasih 4 biji

ini gambar produk utuhnya.




penjelasan lengkap produk SPASMINAL silhkan cek DISINI atau DISINI




atau bagi yang gak mau buka link nih info nya

SPASMINAL®
.: ZAT AKTIF :.
Tiap tablet mengandung Methampyrone 500 mg, Pavaperine HCl 25 mg, dan Belladonna Extract 10 mg; merupakan preparat analgetik dan spasmolitik yang kuat.
.: KEMASAN & NO REG :.
SPASMINAL® (1 box berisi 10 strip @ 10 tablet), No. Reg. : DKL0208507110A1.
.: FARMAKOLOGI :.
Methampyrone bekerja sebagai analgesik., diabsorpsi dari saluran pencernaan, mempunyai waktu paruh 1–4 jam. Papaverin merupakan relaksan non spesifik yang bekerja secara langsung pada otot polos.
.: INDIKASI :.
Untuk meringankan rasa sakit yang disertai dengan kolik ( spasme).
.: KONTRA INDIKASI :.
  • Penderita hipersensitif.
  • Penderita dengan insufisiensi hati.
  • Wanita hamil dan menyusui.
  • Penderita dengan tekanan darah sistolik kurang dari 100 mm Hg.
.: DOSIS :.
Dewasa : Jika sakit 1 tablet, berikutnya 1 tablet setiap 6 – 8 jam, maksimum 4 tablet sehari.
.: EFEK SAMPING :.
  • Reaksi hipersensitivitas : reaksi pada kulit, misalnya kemerahan.
  • Agranulositosis.
  • Gangguan saluran pencernaan.
  • Kadang-kadang terjadi hipersensitivitas hati.
.: OVER DOSIS :.
Tanda-tanda : penglihatan kabur, tubuh terasa lemah.
Tindakan mengatasi overdosis :
  • Kurangi absorbsi papaverin dengan pemberian susu atau karbon aktif, lambung dikosongkan dengan menggunakan obat perangsang muntah.
  • Bila perlu hemodialisis dilakukan.
.: PERINGATAN DAN PERHATIAN :.
  • Tidak untuk mengobati sakit otot pada gejala-gejala flu, rematik, lumbago, sakit punggung, bursitis, sindroma bahu lengan.
  • Karena dapat menimbulkan agranulositosis yang berakibat fatal, maka sebaiknya tidak digunakan dalam jangka panjang terus-menerus.
  • Pada pemakaian jangka lama dapat timbul sindrom neuropati yang akan berangsur hilang bila pengobatan dihentikan.
  • Hati-hati pada penderita yang pernah mengalami gangguan pembentukan darah / kelainan darah, gangguan fungsi hati atau ginjal. Perlu dilakukan pemeriksaan uji fungsi hati dan darah pada penggunaan yang lebih lama dari penggunaan untuk mengatasi rasa sakit akut.
  • Pemberian pada wanita hamil dan menyusui hanya jika benar-benar diperlukan.
  • Keamanan dan efektivitas pada anak belum diketahui dengan pasti.
  • Hati-hati pemberian pada penderita glaukoma.
  • Pengobatan harus dihentikan jika terjadi hipersensitivitas hati dengan gejala gastrointestinal, eosinofilia, atau perubahan nilai tes fungsi hati.
.: INTERAKSI OBAT :.
  • Dengan levodopa akan menurunkan efektivitas levodopa.
  • Calcium blockers : merupakan efek potensiasi karena mempunyai struktur molekul yang sama dengan papaverin.
.: LAIN-LAIN :.
Penyimpanan:
Simpan di tempat sejuk (15 –30oC) dan kering, terlindung dari cahaya.
HARUS DENGAN RESEP DOKTER



atau ini juga nih



INDIKASI dan  KONTRAINDIKASI

Spasminal adalah nama dagang dari 3 kombinasi obat aktif antara lain metampiron, pavaperin, dan ekstrak belladona. Fungsi utama spasminal adalah sebagai pereda nyeri dan untuk melemaskan otot polos usus, otot saluran kemih, otot saluran empedu yang menegang.
Indikasi spasminal antara lain adalah untuk penyakit antara lain:
Kolik abdomen
Kolik abdomen adalah gangguan pada dinding usus yang gejalanya berupa rasa nyeri hebat yang hilang timbul. Rasa nyeri biasanya timbul tiba-tiba. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kolik abdomen antara lain diare, infeksi usus, dan lain-lain. Fungsi spasminal adalah untuk mengurangi nyeri dan melemaskan otot dinding usus. Sedangkan penanganan penyebab kolik abdomen tergantung dari jenis penyebabnya, misalnya jika diare akibat infeksi bakteri dibutuhkan pemberian antibiotik.
Kolik ureter
Ureter adalah saluran yang menghubungkan antara ginjal dan kandung kencing. Jika terjadi penyempitan saluran oleh batu, tumor, atau jaringan parut dapat timbul nyeri yang hilang timbul yang disebut nyeri kolik ureter. Fungsi spasminal adalah untuk meredakan nyeri dan melemaskan otot dinding ureter. Dengan melemasnya dinding ureter diharapkan aliran air kemih menjadi lebih lancar.
Nyeri haid
Nyeri haid terjadi akibat dari kontraksi berlebihan dari kandungan saat mengalirkan darah haid ke luar. Fungsi spasminal adalah untuk mengurangi kontraksi berlebihan dari kandungan dan meredakan nyeri.
Spasminal dikontraindikasikan untuk keadaan:
  1. Hipersensitifitas terhadap metampiron, pavaperin, atau ekstrak belladona;
  2. Penderita gangguan hati;
  3. Wanita hamil dan menyusui
  4. Penderita tekanan darah rendah (di bawah 100 mmHg).


EFEK SAMPING

Efek samping spasminal antara lain adalah reaksi hipersensitifitas berupa gatal, biduran, atau kemerahan. Selain itu dapat terjadi gangguan darah yaitu agranulositosis (sel darah putih berlebihan).

DOSIS

Dosis spasminal untuk dewasa adalah 3 kali 1 atau 2 tablet, maksimal per hari adalah 4 tablet. Sedangkan dosis untuk anak-anak adalah 3 kali ½ - 1 tablet.
Pada dosis yang sangat besar, dapat terjadi overdosis dengan tanda-tanda penglihatan kabur dan tubuh lemah. Cara mengatasi over dosis antara lain adalah pemberian susu atau karbon aktif, pengosongan lambung dengan cara merangsang muntah, dan perlu cuci darah.


Berdasarkan kesimpulanku, kyk nya inih obat agak keras dan harus dengan resep dokter. Tapi gpp deh, aku juga tadi dikasih sama "dokter" disini juga kok wkwkwk.. Jadi kalo bisa sih jangan sering-sering makan nih obat,selagi bisa ditahan yah ditahan aj.

oia, beberapa hari sebelum dapet itu biasanya udah ada "tanda-tanda", misal ny
1. nafsu makan naek
2. jerawat pada nongol (padahal aku orangnya jrg jrawatan)
3. bagian dada sakit (apalagi kalo kesenggol sesuatu wadduuhh)
4. emosi gak keruan (bawaannya pengen marah terus, pengen nangis terus, sedih juga wkwkwk)

sebagian orang kadang minum jamu "Kiranti" yah, tp kok aku emoh minum nya,, aku suka minum ini nih
Kunyit asemnya sidomuncul


Rasanya enak, kalo pengen tau rasanya sook atuuh dicobaa sendiri. Susah kalo mau jelasin rasanya. 
Kalo klaim nya sih gini

Manfaat dan Khasiat Jamu kunyit Asam Sidomincul antara lain adalah:
  • Menjaga kecantikan dan kehalusan kulit,
  • memperlancar haid dan mencegah PSM,
  • Memperbaiki pencernaan serta metabolisme tubuh,
  • Mengurangi bau badan,
  • membantu menjaga kerampingan tubuh dan berat badan,
  • Menurunkan kadar koleterol darah,
  • Melancarkan kinerja sistem metabolisme tubuh,
  • Dapat menjaga kesehatan jantung dan fungsi hati, masih banyak lagi.
Jamu kunyit asam sidomuncul dapat di nikmati oleh siapa saja terutama wanita, baik anak-anak, remaja putri maupun wanita dewasa. Bahan-bahan yang terkandung di dalam jamu kunyit asam sidomuncul merupakan bahan-bahan organik alami yang diolah dengan higienis yang tinggi sehingga aman untuk di konsumsi dan tidak meninggalkan efek samping kecuali untuk mereka yang alergi terhadap bahan-bahan yang menjadi komposisi jamu kunyit asam itu sendiri.
Komposisi Jamu Kunyit asam sidomuncul antara lain adalah:
  • Ekstrak Curcumae Domesticae Rhizoma (kunyit) 5 gr
  • Ekstrak Tamarindi Pulpa (Asam) 2,5 gr
  • Flavour, sucrose (gula), salt (garam), citric acid.
Aturan Minum Jamu Kunyit Asam Sidomuncul : Campurkan 1 sachet jamu kunyit asam Sidomuncul  ke dalam 150 ml air dingin aduk dan siap diminum. Lebih nikmat ditambahkan es batu. Minum 1 sachet per hari atau sesuai kebutuhan.

Nb: kalo aku lebih suka pake aer anget,,segeeerrr,,
(sumber:http://www.jeplax.com/2013/06/jamu-kunyit-asam-sidomuncul-manfaat-dan.html#sthash.WdsNkuDw.dpuf)

Sekian postingan kali ini, 
salam ^_^v


1 komentar:

  1. Pengalaman saya, abis minum obat ini saya langsung alergi, ruam merah.. kelopak, telapak tangan dan kaki bengkak dan setelah beberapa saat saya pingsan dan langsung dilarikan ke RS, setelah disuntik baru reda alerginya

    BalasHapus