Jumat, 31 Oktober 2014

penyebab telur jadi item akhirnya terpecahkan !!!

seperti biasa jadwal makan dikantor bareng ibu-ibu (aku sendiri yang paling muda wkwkwkw) . berhubung hari ini jumat jadi makannya jam 12 teng (kalo hari biasa jadwal makan dikantin 12.15).
Gak kayak biasa menu dikantin cepet banget abisnya dan tersisa cuma telor balado (telor cabe)..Berhubung makannya rame-rame jadi kami menuhi 1 meja panjang buat orang 6.

Pas kita mau makan, ada sedikit keanehan ama lauknya. Telurnya dibagian putih telurnya ada warna item-item kayak gosong dan berbentuk alur-alur item. Karena semua yang ambil menu telor balado juga ngalamin hal yang sama, maka kita kompakan gak makan tuh menu (walau dalem hati agak gimaaana gitu liat lauk gak kemakan hiks hiks..).
Udah makan dan masih dikantin, kita laporan sama pak S bagian HR (ngurus SHE sih (Safety Health & Environment) tentang masalah telor tadi. Dan beliau langsung sidak (inspeksi mendadak) ke dalem kantin dan nanya-nanya sama ibuk kantin (bagian katering yang nyediain makan di kantin).

Pas jam 4 sore, pak S langsung ngirim Email Klarifikasi ke kita yang tadi komplen. Dalem email itu juga dilampirin kronologi dan foto dari test yang dia kerjain di dalem kantin sama ibuk-ibuk kantin. Kronologi dari "masalah" itu jadi gini:

1. Telur digoreng seperti biasa
2. Bersamaan dengan itu, sambal untuk campuran telur juga digoreng.
3. Setelah jumlahnya dirasa cukup telur dimasukkan ke penggorengan yang berisi sambel, lalu ditutup rapat.

4.  Karena tertutup rapat, uap panas dari telur dan sambel tidak bisa keluar. Hal inilah yang menyebabkan      telur berubah warna menjadi abu-abu/kehitaman.

Dan dikirim juga foto dari testnya itu ke kita,,Ini nih hasil tes beliau,,

Telur yang baru digoreng adalah layak konsumsi, warna putih & kuning

Telur  yang masih panas disiram dengan sambal  yang panas juga

Dalam keadaan masih panas, telur yang sudah diberi sambal kemudian  ditutup

Setelah 10 menit ternyata telur berubah warna kehitaman dan terkesan seperti telur yang tidak layak konsumsi



Disuruh praktekin dirumah juga loh katanya biar lebih afdhol dan yakin kalo ini nyata.wkwkwkw. Sebenernya sih yakin kalo makanan yang udah disajiin itu terjamin. Cuma yah berhubung kagak pernah ngalaminnya jadi ya wajar dong kalo kita komplain. Dan lagi, setelah kita tanya sama yang lain gimana tentang rasanya, katanya sih gak ada yang aneh.. 


Aku masih penasaran gimana bisa kayak gitu, 
Tapi kalo menurut aku pasti ada hubungannya sama panas (uap yang tertutup) sama zat di dalem cabe yang berefek ke putih nya itu. Soalnya pas diperhatiin (perhatiin foto terakhir) bagian dari kuning telornya gak kenapa napa..

hihihih

sekian deh posting ini, cuma buat berbagi aja dan pengalaman juga. 
Jangan menilai makanan dari penampilan dan tampilan nya aja 
hihihihih

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar